Hasil Pertandingan : Barcelona 5 - 0 Mallorca


Pimpinan klasemen La Liga Spanyol, Barcelona, mengembalikan selisih 13 angka atas Real Madrid berkat kemenangan besar lima gol tanpa balas ketika menjamu Mallorca di Camp Nou, Minggu (7/4) dinihari WIB.



Dua pemain yang berjasa besar, yaitu Cesc Fabregas yang membukukan hat-trick plus satu assist, dan Alexis Sanchez yang juga memberi kontribusi penting berupa dua gol dan dua assist. Pertandingan ini pun dihiasi dengan kembalinya Eric Abidal setelah absen selama 13 bulan.

Babak Pertama

Meski tampil tanpa Lionel Messi yang masih cedera, juga sejumlah pilar yang disimpan di bangku cadangan, Barcelona masih terlalu tangguh bagi Mallorca.

El Barca sudah mengancam gawang Dudu Aouate  empat menit sejak kickoff melalui tembakan Cristian Tello yang sedikit melebar di tiang jauh.

Lima menit berikutnya gantian Dani Alves melepaskan tendangan bebas. Eksekusi bek kanan Brasil itu tepat mengenai sasaran, namun tak terlalu menyulitkan Aouate untuk mengamankan bola di bawah mistar Mallorca.

Serangan gencar tuan rumah pada akhirnya berujung hasil setelah menginjak menit ke-20. Bola terobosan Alexis Sanchez dimanfaatkan dengan sempurna oleh Cesc Fabregas dengan tendangan rendah yang tak mampu dijangkau Aouate.

Sesaat kemudian, kiper Israel itu harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Ia sukses menangkis tembakan Fabregas, tapi bola rebound langsung disambar Alexis untuk menggandakan keunggulan Barca.

Skor 2-0 tak membuat kubu tuan rumah menurunkan tempo permainan. Pertahanan Los Bermellones terus digempur habis-habisan. Gol tambahan, yang tampaknya tinggal menunggu waktu, diperoleh Barca di menit ke-37.

Kembali Fabregas dan Alexis terlibat dalam proses gol. Umpan tarik Sanchez berhasil dikonversi Fabregas menjadi gol kedua buat dirinya, dan ketiga bagi Barcelona. Hanya semenit setelahnya, kedua pemain ini berganti peran. Fabregas membalas budi Alexis dengan menyodorkan umpan matang yang diselesaikan dengan mudah oleh rekan asal Cili.

Keunggulan telak 4-0 Barcelona menutup paruh pertama, dan Mallorca sepertinya butuh mukjizat selepas turun minum untuk terhindar dari kekalahan.

Babak Kedua

Baru sejenak saja paruh kedua berjalan, Azulgrana sudah menyarangkan gol kelima ke gawang Mallorca.

Fabregas mengemas hat-trick lewat aksi ciamik usai menerima sodoran Iniesta. Eks kapten Arsenal itu dengan tenang mengecoh pemain bertahan tim tamu sebelum menaklukkan Aouate untuk ketiga kalinya.

Minim peluang, pasukan Gregorio Manzano berusaha bangkit melalui tendangan keras Giovani dos Santos, sayangnya upaya gelandang serang Meksiko itu melambung terlalu tinggi.

Menit ke-54, jala Barcelona yang dikawal Jose Pinto sempat bergetar oleh Alfaro, tapi wasit tak mengesahkannya sebagai gol lantaran sang striker dianggap telah terjebak off-side terlebih dahulu.

Ancaman Mallorca sendiri hanya datang sesekali dan secara keseluruhan kendali laga tetap di tangan The Catalans. Bahkan Gerard Pique pun kerap maju untuk berusaha menyumbang gol. Dua peluang diperoleh sang bek sentral, lewat sundulan dan eksekusi tendangan bebas, tapi seluruhnya berujung nihil.

Dengan kemenangan sudah pasti dalam genggaman, Tito Vilanova memberi kesempatan turun kepada dua pemain muda, Jonathan dos Santos, adik Giovanni, serta Gerard Deulofeu. Namun yang paling mencuri perhatian bukan tampilnya para youngster tersebut, melainkan comeback Eric Abidal.

Harus absen selama 13 bulan karena transplantasi hati, pemain Prancis itu akhirnya kembali dengan dimasukkan di menit ke-70 menggantikan Pique. Kehadirannya di lapangan pun disambut seisi Camp Nou.

Adapun skor 5-0 untuk kemenangan Barcelona tak berubah hingga wasit Cesar Muniz Fernandez meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain:

Barcelona: Pinto; Alves, Piqué, Bartra, Montoya; Thiago Alcantara, Song, Iniesta; Alexis, Fabregas, Tello.

Mallorca: Aouate; Hutton, Nunes, Bigas, Kevin; Pina, Tissone, Nsue, Alfaro; Giovani, Hemed.

Related

Sepakbola 5570040811722546477

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent Posts

Like Us

item