iPad Mini Retina : Review

iPad mini sebelumnya telah menjadi tablet favorit banyak orang, dengan bentuk yang kecil dan cukup ringan dipadu dengan perangkat yang menjadikan baterai tahan selama sehari dan digandeng dengan OS yang mampu menjalankan aplikasi apapun menjadikan iPad mini disenangi semua pihak.

ipad mini retina

Kemudian hadirlah iPad Air dengan bentuk yang lebih kecil, lebih ringan dan lebih cepat dalam segala sisi dibandingkan iPad Mini.

Kini iPad Mini Retina telah hadir, dengan performance yang lebih cepat lagi, dan resolusi super tinggi dengan display retina. Dengan hadirnya tablet kualitas bagus lainnya seperti Amazon Kindle Fire HDX, Google Nexus 7 dan Samsung Galaxy Note 8.0, sanggupkan iPad Retina berada pada daftar pertama tablet yang harus dimiliki? Apa saja kelebihannya?

Layar
Mari mulai dengan upgrade yang telah kita nantikan sejak pertama kali Mini diluncurkan, Retina display. Dengan tampilan 7,9 inci kamu akan mendapatkan resolusi sebesar 2048x1536, yang setara dengan total pixel sebesar 3,145,728 yang cukup untuk menandingi iPad Air dan hanya kurang 25 % dari 13 inci Retina MacBook Pro.
Tanpa perlu diragukan lagi, semuanya terlihat begitu tajam, terutama tulisan dan gambar resolusi tinggi dengan detail yang begitu bagus pada saat di zoom. Hal ini membuat iBook dan Kindle books kini lebih mudah dilihat dengan tampilan yang sebesar telapak tangan.

Fitur dan Performance
Apple telah melakukan terobosan yang sangat luar biasa dengan menghadirkan teknologi yang terdapat pada iPad Air yang lebih besar kedalam bentuk yang lebih kecil. Chip terbaru A7 64-bit dan M7 Motion co-prosesor melengkapi Retina sama halnya dengan Air, terkecuali untuk Touch ID Fingerprint tidak dimasukkan dalam iPad Retina.

iPad Mini Retina sekarang telah dapat dibeli dengan kapasitas mencapai 128GB, yang akan menenggelamkan para competitor lain. Meski harga yang harus dibayar juga tidak murah sekitar £700.

Dalam Testing didapatkan hasil bahwa Mini terbaru ini terbukti lebih cepat dibandingkan pendahulunya, Chip A7 bekerja sepanjang waktu untuk memberikan pengalaman kelancaran meski iOS 7 masih terlihat kurang bagus kadang kala.

Performa grafik juga ditingkatkan dengan game intensitas tinggi sepertii Infinity Blade 3, yang menggunakan OpenGL ES 3.0 yang menghasilkan pencahayaan dan efek yang luar biasa dalam tampilan retina.

Mini terbaru ini juga diluncurkan dengan upgrade 4G yang memungkinkan jaringan frekuensi yang semakin luas. Dualband (2.4 GHz dan 5 GHz) N Wi-Fi sekarang telah memiliki teknologi MIMO untuk menghasilkan konektivtas yang lebih stabil.

Kamera
Mini terbaru ini telah dilengkapi dengan FaceTime HD kamera dan dual mics yang sama dengan iPad Air dan iPad Mini sebelumnya. Meski kamera belakang tersebut hanya dilengkapi dengan 5 megapixels akan tetapi kualitas dari video 1080p sendiri tetaplah luar biasa.

Hal ini tidak terlalu dipermasalahkan mengingat Google Nexus 7 sendiri hadir dengan kamera 5 MP juga meskipun untuk Amazon Kindle HDX 8.9 memiliki kamera belakang sebesar 8MP.

Ukuran dan Bentuk
Generasi kedua mini ini hampir identik dengan pendahulunya dalam ukuran dan berat. Yang membuat pengguna nyaman dalam menggunakan tablet tersebut baik untuk membaca, berkomunikasi dan mengetik dengan menggunakan dua tangan meski dalam posisi portrait. Untuk warna chasing hadir dalam warna space grey dan silver.

Baterai
Pertanyaan terbesar yang sering diluncurkan ketika mendengar iPad Mini akan mengusung teknologi retina adalah mengenai ketahanan baterai. Dalam hal konsumsi energy, iPad 3 yang dilengkapi dengan Retina kalah jauh dibandingkan iPad 2 yang tidak menggunakan Retina.

Akan tetapi untuk iPad Mini terbaru ini, itu merupakan cerita yang berbeda. A7/M7 chip benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik dengan menghemat energy sebisa mungkin dan memakai sumber energy seefisien mungkin pada saat diperlukan.

Meski tidak dapat mencapai angka 10 jam dalam menelusi internet akan tetapi hasil testing mengungkapkan bahaw dengan memainkan lagu dan video selama hampir tujuh jam sebelum iPad benar-benar padam dalam kondisi display brightness sebesar 75% mengindikasikan bahwa iPad mini terbaru ini layak diperhitungkan. Untuk kondisi standby baterai dapat bertahan selama sehari

Kesimpulan
Dengan harga sekitar £319 dengan kapasitas 16GB, iPad Mini Retina tergolong tidak murah, terutama apabila dibandingkan dengan pesaing yang lain. Akan tetapi apabila anda mencari kenyamanan dalam hal ukuran dengan kualitas tampilan yang luar biasa maka Mini Retina layak diperhitungkan.

Harga iPad Mini Retina : Wi-Fi only: £319 (16GB), £399 (32GB), £479 (64GB), £559 (128GB)
Wi-Fi and Cellular: £419 (16GB), £499 (32GB), £579 (64GB), £659 (128GB)


Related

Teknologi 1817605057006736881

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent Posts

Like Us

item