Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan

Kali ini LobbyInfo akan memberikan ulasan manfaat tentang buah stroberi yang banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan makanan seperti selai, es krim, jeli, permen, sirup, dan bahkan obat-obatan. Buah stroberi juga enak jika dikonsumsi langsung. Sama seperti buah lainnya yang berwarna cerah, stroberi juga kaya akan anti-oksidan. Buah stroberi mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan dan efisien dalam mencegah berbagai penyakit.

Berikut manfaat buah stroberi bagi kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata
Alasan utama terhadap hampir semua permasalahan mata adalah radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Dengan semakin bertambahnya usia dan kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata. Beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid hadir dalam stroberi, di mana dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Anti kanker
Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.

5. Anti-inflamasi
Stroberi mengandung senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.

6. Menjaga kesehatan tulang
Mangan yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.

7. Menjaga kesehatan jantung
Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

8. Menjaga fungsi otak
Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

9. Menyehatkan Kulit dan Rambut
Folat adalah kelompok vitamin B yang membantu menyehatkan rambut dan kulit.

10. Mencegah Hipertensi
Strawberry mengandung kalium dan magnesium yang keduanya sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan sodium.

Related

Tips dan Trick 1482633562793251506

Posting Komentar

  1. bukan hanya rasanya yang manis+asam tapi buah ini juga bermanfaat bagi tubuh ya :)

    BalasHapus

emo-but-icon

Hot in week

Recent Posts

Like Us

item